Sabtu, 05 November 2011

remaja dan hobby


Hobi Koleksi Koin

SEJARAH SINGKAT HOBI MENGOLEKSI KOIN
kolektor_koinHobi mengumpulkan uang logam atau koin merupakan hobi yang sangat populer dan banyak diminati orang-orang saat ini. Setiap hari orang-orang dapat mulai mengumpulkan uang logam kapan saja dan dimana saja. Anda bisa mulai dengan mengumpulkan uang yang Anda terima di celengan, atau di dalam saku baju. Mengumpulkan koin sebagai hobi memang sangat menarik, bahkan kadang-kadang hobi ini sangat  mahal dan membutuhkan banyak uang.Bila seorang kolektor bersedia mengeluarkan jumlah uang yang banyak untuk membeli mata uang tertentu, seperti mata uang yang sudah sangat langka dan berasal dari abad tertentu biasanya koin seperti ini akan dihargai sangat mahal. Banyak veteran kolektor koin membeli koin mahal untuk meningkatkan nilai dari koleksi koinnya
Saat ini, jutaan orang di seluruh dunia sangat tertarik untuk mengumpulkan uang logam. Sebagian besar museum-museum  terkenal di planet ini menampilkan koleksi koin-koin yang sangat langka dan berharga. Seperti museum di Amerika Serikat, yaitu museum Smithsonian yang berada di washington D.C dan Perkumpulan Numismatic ( cara-cara pengumpulan mata uang ) di New York menampilkan  koleksi koin-koin kuno dan bersejarah mereka yang mengesankan dan model tahun pembuatannya berasal dari beberapa abad silam. Lembaga-lembaga tersebut  juga memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat tentang seni mengoleksi  uang logam atau koin. Sehingga semakin banyak masyarakat yang mencintai dan bisa menghargai koin-koin kuno ini.
Walaupun mungkin agak sulit untuk mengetahui dengan tepat awal mula dimulainya hobi mengumpulkan uang logam, namun sebagian besar orang meyakini bahwa hobi mengoleksi koin dimulai setelah koin pertama di dunia di cetak yaitu pada saat 650 SM.
coins_background

Yunani adalah yang pertama kali membuat uang koin dengan menggunakan logam berharga, dimana mereka merancang koin-koin dengan melukiskan gambar dewa, dewi dan pahlawan-pahlawan  yunani kuno. Uang-uang logam ini diciptakan untuk memfasilitasi pertukaran barang-barang secara resmi. Logam-logam berharga yang digunakan sebagai bahan baku untuk mencetak koin adalah emas dan perak, dimana koin-koin ini dikemudian hari digunakan sebagai  metode pembayaran yang resmi sehingga perlahan-lahan dapat menghapus  sistem perdagangan barter yang masih primitive tersebut.
Mengumpulkan koin merupakan hal yang sangat  menggairahkan bagi banyak orang terkenal selama masa Renaissance, dan dicatat oleh  kalangan kolektor koin beberpa tokoh yang memiliki hobi mengoleksi  koin diantaranya adalah Paus dari Gereja Katolik Roma, dan bahkan raja-raja dan tokoh-tokoh lainnya. Hobi ini juga disebut sebagai “The Hobby of Kings”, dan tokoh-tokoh terkenal seperti Raja Louis XIV dari Perancis, Ferdinand I, dan Henry IV dari Perancis dicatat di antara orang-orang yang paling terkenal dari kolektor uang logam. Seorang sarjana dari itali yang sangat terkenal yang bernama Francesco Petrarca, yang juga disebut sebagai ayah dari Renaissance, menjadi penggemar koin yang pertama yang merevitalisasi hobi mengumpulkan uang logam. Francesco  Petrarca juga dianggap orang yang paling terkenal di kalangan kolektor koin selama periode ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar